Info

Video Di PowerPoint Tidak Tampil? Ini Solusinya!

Saat membuat sebuah presentasi PowerPoint, kita kerap kali memasukkan video ke dalamnya, baik menggunakan teknik link (file video ditempatkan bersamaan file PowerPoint) atau embed (file video dimasukkan ke dalam PowerPoint). Setelah mencobanya di komputer video pun berjalan dengan lancar. Namun masalah kadang timbul saat data presentasi yang kita siapkan tersebut harus berpindah ke komputer lain. Masalah tersebut biasanya berupa video di PowerPoint gagal tampil saat dijalankan di komputer yang berbeda. Kejadian tersebut pun sering membuat kita panik dan kerepotan memperbaikinya.

video-di-powerpoint

Lalu, bagaimana solusinya? Tenang, satu hal yang perlu kita pahami adalah semua file video yang ada dibangun oleh mekanisme penyajian video yang disebut CODEC. XVID, H264, WMV9, dsb, merupakan sejumlah contoh codec yang banyak dikenal dan digunakan. Dengan adanya codec, maka sebuah file dapat menampilkan data video dengan baik. Namun, ternyata begitu banyak jenis codec yang beredar, dan jika kita tidak memiliki salah satu diantaranya sementara file video yang ingin dijalankan menggunakan codec tersebut, maka video di PowerPoint gagal tampil.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menginstal selengkap mungkin codec video yang sekiranya banyak digunakan. Mengupdate sistem operasi Windows dan Media Player di dalamnya sebenarnya sudah cukup untuk melengkapi codec yang dibutuhkan, terutama codec-codec baru yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi. Untuk pengguna Macintosh, Anda dapat melengkapi codec yang ada di Windows dengan menginstal aplikasi pendukung seperti Flip4Mac (http://www.telestream.net/flip4mac/overview.htm).

Masih khawatir dengan lengkap atau tidaknya codec di komputer Anda? Coba download contoh file PowerPoint berisi video tester berikut ini yang dibuat oleh BirghtCarbon untuk menguji sejauh mana kelengkapan codec di komputer Anda.

DOWNLOAD
Sumber: http://www.brightcarbon.com/resources/powerpoint-help/video-embedding-tool-for-powerpoint/

Bagaimana? Sudah lengkapkah codec video di komputer Anda? Jika masih ada masalah, silahkan sampaikan di kolom comment di bagian bawah artikel ini.

, , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply