Info

Standard vs Widescreen: Tampilan Presentasi Modern Saat Ini

Meskipun sekarang ini makin banyak orang yang memiliki televisi dengan layar widescreen (16:9) di rumahnya, namun dalam hal presentasi kita tidak dapat dengan mudah memutuskan untuk menggunakan tampilan widescreen. Tampilan presentasi modern saat ini memang semakin banyak yang menggunakan gaya widescreen. Apalagi jika Anda banyak menghadiri presentasi di kalangan perusahaan besar yang pada umumnya sudah menggunakan layar monitor LCD atau LED di ruangan rapatnya. Aplikasi presentasi PowerPoint pun juga sudah menawarkan tampilan presentasi berformat widescreen di dalamnya. Lalu apakah Anda dapat segera mengubah tampilan semua presentasi Anda ke widescreen sekarang juga? Tahan dulu, mari kita perhatikan beberapa hal terkait dengan itu.

tampilan-presentasi-modern-widescreen

1. Dukungan Perangkat

Tampilan presentasi widescreen membutuhkan koneksi digital seperti HDMI agar dapat tampil dengan baik di layar monitor, untuk itu pastikan komputer Anda menyediakan koneksi HDMI sebelum mulai membuat presentasi dengan tampilan widescreen. Selain itu, jika Anda masih lebih banyak melakukan presentasi di tempat yang hanya menyediakan proyektor standar, maka Anda perlu bersabar dengan tetap menggunakan format tampilan standard (4:3).

2. Bentuk Pesan Yang Ingin Disajikan

Selain dukungan perangkat, Anda juga perlu memperhatikan bentuk pesan yang ingin disajikan. Jika Anda banyak menyajikan foto panorama atau timeline yang memanjang secara horisontal, maka tampilan presentasi widescreen dapat menjadi pilihan utama. Namun jika Anda hanya ingin menyajikan gambar yang sifatnya umum dengan teks seperti biasa, maka tetap bertahan di tampilan standard lebih aman rasanya.

3. Mengubah Presentasi Menjadi Video

Jika Anda termasuk orang yang gemar mengubah presentasi menjadi video lalu menguploadnya ke internet melalui YouTube, maka format widescreen sangat cocok untuk digunakan.

4. Presentasi Widescreen Tetap Aman

Jangan khawatir, meskipun presentasi Anda sudah didesain sedemikian rupa dengan gaya widescreen, tentunya presentasi tersebut tetap dapat ditampilkan dengan baik menggunakan proyektor biasa. Sebuah bagian berwarna hitam di atas dan bawah akan tampil untuk mengisi kekosongan yang ada.

, , , ,

No comments yet.

Leave a Reply