Info

Presentasi Di Depan Bos Super Galak

Sebuah presentasi sangat dipengaruhi oleh keadaan audiensnya, meskipun seorang presenter yang baik harus mampu menghadapi dan menyesuaikan diri dengan audiens di hadapannya. Namun keadaan bisa berubah, jika audiens presentasi yang akan Anda sajikan adalah pimpinan perusahaan tempat Anda bekerja yang dikenal dengan kegalakannya. Seluruh karyawan di kantor pun lebih memilih berjumpa dengan hantu ketimbang harus berbicara dengannya.

bos-galak

Presentasi di depan bos, terlebih lagi bos yang galak, akan Anda temui jika Anda berada di sebuah jenjang karir yang membutuhkan sejumlah persetujuan pimpinan untuk menjalankan sebuah ide atau konsep. Apa yang harus diperhatikan saat harus melakukan presentasi dengan keadaan seperti itu?

1. Kenali Keadaan Audiens Anda

Jika ada salah satu orang yang paling memiliki kekuatan sebagai pemegang keputusan, ada baiknya Anda pelajari dirinya secara spesifik. Lakukan stalking ke sejumlah social media tempat dirinya suka mengemukakan pandangannya. Lihat tulisan-tulisannya di jurnal online atau media massa. Perhatikan bagaimana cara berpikirnya, sesuaikan dengan alur penyajian presentasi Anda nanti. Perhatikan juga keadaan di dunia para bos itu berada, jika mereka sedang berfokus untuk mengurangi biaya produksi jangan ajukan sesuatu yang menuntut adanya tambahan biaya produksi.

2. Tetap Ringkas dan Batasi Slide Anda

Kebanyakan bos tidak memiliki waktu yang banyak untuk mendengarkan presentasi, pengalamannya yang mungkin sudah cukup banyak membuatnya ingin cepat-cepat berkomentar dan menanyakan sejumlah hal kepada Anda. Pastikan Anda meringkas materi presentasi menjadi sesingkat mungkin saat melakukan presentasi di depan bos, setelah selesai segera mulai sesi tanya jawab atau perbincangan.

3. Persiapkan Diri Untuk Pertanyaan-Pertanyaan

Sejumlah pakar bisnis tidak membuang waktu terlalu banyak saat melakukan presentasi di hadapan para pemilik perusahaan besar, mereka lebih banyak berfokus untuk melakukan brainstorming bersama timnya untuk memperkirakan pertanyaan-pertanyaan yang dapat muncul sambil melatihnya bersama-sama. Pastikan Anda memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi sejumlah pertanyaan yang dapat muncul. Sesi tanya jawab sangat mempengaruhi kredibilitas Anda di hadapan audiens, jawaban yang bagus akan membangun kredibilitas, sementara jawaban yang salah akan dapat menghancurkan kredibilitas Anda.

4. Jika Tidak Tahu, Akui Saja

Bos yang galak bisa jadi dibangun oleh beribu pengalaman di masa lalu dan dia tidak ingin para bawahannya terjebak di sejumlah kegagalan seperti yang pernah dialaminya dulu. Dengan sgudang pengalaman dan wawasannya mereka dapat dengan mudah menemukan hal-hal penting yang mungkin Anda lewati atau tidak ketahui. Jika Anda sudah masuk ke dalam posisi tidak mengetahui sesuatu hal jangan berkesan sok tahu, atau memperdebatkannya, bisa jadi sang pimpinan justru adalah orang yang peling mengetahui hal tersebut. Akui ketidak tahuan Anda, konsultasikan secara singkat kepada bos yang menanyakan hal tersebut, dan yakinkan mereka bahwa Anda akan segera mempelajarinya selepas presentasi.

, , ,

No comments yet.

Leave a Reply