Info

Pecha Kucha: Serunya Melakukan Presentasi Yang Ringkas

Pecha Kucha, bukanlah sebuah nama makanan ataupun nama tarian yang sering dilakukan saat kegiatan senam pagi di lapangan. Pecha Kucha adalah sebuah metode presentasi yang ringkas dengan metode yang dikenal dengan istilah 20×20. Apa maksudnya? Dengan metode ini, sebuah presentasi wajib disajikan dengan 20 halaman slide, dimana untuk masing-masing slide waktu untuk menyajikannya dibatasi hanya 20 detik. Sehingga sebuah presentasi Pecha Kucha hanya menghabiskan waktu 6 menit 40 detik, sisanya dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab.

pecha-kucha-night

Istilah Pecha Kucha itu sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya mirip dengan istilah “chit-chat” dalam bahasa Inggris yang bermakna “sebuah obrolan ringan dan singkat”. Di kalangan presenter Pecha Kucha semakin populer dan menjadi sebuah tantangan baru untuk mencobanya.

Tantangan Dalam Pecha Kucha

Tidak seperti presentasi biasa dimana kita dapat mengontrol tampilan slide yang diinginkan, dalam sebuah presentasi Pecha Kucha, semua slide yang sudah disiapkan akan dijalankan secara otomatis sesuai waktu yang ditentukan. Disitulah kemampuan sang presenter dalam menyajikan pesan secara ringkas dan jelas diuji. Dengan waktu yang terbatas, sebuah presentasi Pecha Kucha pada akhirnya menuntut seseorang untuk mencari sebuah materi yang menarik dan dapat menjadi sebuah bahan diskusi baru yang bermanfaat.

Pecha Kucha Night

Serunya melakukan presentasi yang ringkas ala Pecha Kucha ini pun membuat dua orang dari kalangan industri kreatif bernama Astrid Klein dan Mark Dytham membuat sebuah konsep acara bertajuk “Pecha Kucha Night”. Pada tahun 2004 sejumlah kota di Eropa mulai menyelenggarakan Pecha Kucha Night tersebut, hingga tahun 2014 acara ini sudah diselenggarakan di lebih dari 700 kota dari berbagai negara.

Dalam sebuah acara Pecha Kucha Night, biasanya disajikan 8 hingga 14 buah presentasi. Orang-orang yang hadir pun banyak berasal dari kalangan industri desain, arsitektur, fotografi, seni rupa dan industri kreatif lainnya. Selain itu, kegiatan ini juga mulai merambah ke kalangan akademisi di berbagai bidang. Tema yang disajikan pun banyak yang sifatnya menampilkan karya kreatif, perjalanan, penelitian, proyek pelajar, hobi, koleksi dan berbagai hal menarik lainnya.

Pecha Kucha Tokyo

Pecha Kucha Shanghai

Pecha Kucha Budapest

Pecha Kucha Night di Jakarta

Bagaimana dengan Indonesia? Yes, Pecha Kucha Night di sini sudah mulai diadakan di kota Jakarta, bahkan sudah lebih dari 20 kali diselenggarakan secara sukses dengan pengunjung yang sangat ramai. Materi-materi yang dibahas pun sangat beragam, seperti pada Pecha Kucha Night Jakarta di awal 2015 yang lalu, tema “Keluarga” diangkat sebagai benang merah dalam acara saat itu. Berbagai praktisi terkemuka dari berbagai bidang dan rentang usia sudah berbagi banyak hal yang menarik dan berhasil membangun sejumlah pembahasan yang seru.

Pecha Kucha Jakarta

Tertarik dengan Pecha Kucha ini? Silahkan kunjungi situs resminya di http://pechakucha.org atau https://pechakuchajkt.wordpress.com untuk acara lokal di Jakarta.

Thanks to Wisnu Pratomo

, , , , , , , ,

2 Responses to Pecha Kucha: Serunya Melakukan Presentasi Yang Ringkas

  1. novi February 23, 2015 at 5:17 pm #

    mohon di bahas juga presentasi yang berhubungan dengan dunia HRD.

    tks

Trackbacks/Pingbacks

  1. 18 Tips Presentasi Sukses Yang Penting Untuk Anda - Presentasi Sukses - January 11, 2016

    […] beberapa bentuk presentasi seperti Pecha Kucha, kaidah penggunaan 20 slide dimana masing-masing slide disajikan tidak lebih dari 20 detik kerap […]

Leave a Reply