Info

Mengenal Tipe-Tipe Konektor Laptop Ke Proyektor

Baru saja mengganti laptop lama dengan yang baru, lalu panik saat akan presentasi karena ternyata konektornya berbeda dengan yang lama? Memang, menghubungkan laptop ke proyektor adalah sebuah perkara mudah dan sederhana. Namun di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, terdapat sejumlah perkembangan pada perangkat laptop yang kadang tidak disadari.

Perhatikan Tipe Koneksi Laptop Ke Proyektor

mengenal tipe konektor laptop ke proyektor 1

Saat membeli sebuah laptop terdapat sejumlah faktor yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan, salah satunya adalah memperhatikan tipe koneksi laptop ke proyektor yang disediakan.

Banyak produsen laptop yang menawarkan sejumlah tipe barunya dengan bentuk yang sangat tipis dan ringan. Namun coba perhatikan tipe koneksi yang disediakannya. Kebanyakan laptop yang tipis akan mengganti tipe koneksi VGA menjadi HDMI, DisplayPort atau bahkan Mini DisplayPort. Jika Anda lebih sering menemui proyektor tipe standar yang hanya menyediakan tipe koneksi VGA, hal itu akan membuat Anda repot jika tidak mengetahui solusinya.

Lalu apa itu VGA, HDMI, DisplayPort dan Mini DisplayPort yang disebutkan tadi? Mari kita coba bahas satu persatu.

VGA (Video Graphics Array)

mengenal tipe konektor laptop ke proyektor 2 colokan vga

Diproduksi pertama kali pada tahun 1987 (yes, saya tidak salah ketik, memang sejak akhir tahun 80-an yang lalu), tipe koneksi VGA merupakan yang paling populer digunakan. Walaupun perangkat baru seperti laptop dan proyektor banyak yang menambahkan jenis tipe koneksi yang disediakannya, namun tidak sedikit yang tetap menyediakan tipe koneksi VGA di dalamnya. Hal itu dipilih agar perangkat tersebut dapat tetap digunakan secara mudah bersama perangkat-perangkat lainnya.

Kualitas data visual yang dapat ditampilkan menggunakan tipe koneksi VGA ini memang sudah cukup baik, namun hal itu sangat bergantung kepada kualitas kabel, dan juga resolusi gambar yang terbatas jika dibandingkan layar monitor saat ini yang sudah mencapai reolusi 4K.

Salah satu jenis koneksi yang mencoba menggantikan VGA adalah DVI (Digital Visual Interface), yang terbagi lagi menjadi DVI-A, DVI-D dan DVI-I.

mengenal tipe konektor laptop ke proyektor 3 colokan dvi

Walaupun sempat populer karena mampu menyajikan gambar yang berkualitas lebih tinggi namun DVI tidak mampu mengurangi kepopuleran VGA dan membuatnya hanya menjadi sebuah alternatif yang digunakan oleh kalangan tertentu. DVI juga terbilang sangat sedikit tersedia pada perangkat laptop dan proyektor, ia lebih populer digunakan untuk perangkat komputer desktop, monitor, TV, DVD Player dan konsol video game.

HDMI (High-Definition Multimedia Interface)

mengenal tipe konektor laptop ke proyektor 3 colokan hdmi

Salah satu yang kini mungkin mulai terasa kepopulerannya adalah HDMI, sebuah tipe koneksi yang banyak disematkan pada berbagai macam perangkat mulai dari laptop, desktop, monitor, TV, tablet hingga smartphone sekalipun. Selain mampu menampilkan gambar berkualitas tinggi (high-definition), yang membuat HDMI nyaman digunakan adalah kemampuannya untuk mengirimkan data suara melalui satu kabel yang sama (jika perangkat yang terhubung memiliki speaker untuk mengeluarkan suara). Dengan menggunakan koneksi HDMI, Anda tidak perlu repot lagi mencolok kabel audio ke laptop.

mengenal tipe konektor laptop ke proyektor 3 adapter hdmi ke vga

Adapter HDMI ke VGA

Laptop keluaran baru saat ini pun banyak yang mengusung koneksi HDMI ini, namun bagaimana jika Anda harus menghubungkannya dengan proyektor yang hanya menyediakan koneksi VGA? Solusi untuk masalah tersebut adalah adapter HDMI ke VGA yang akan menjembatani hubungan kedua perangkat tersebut.

Jika laptop Anda hanya menyediakan koneksi HDMI dan Anda cukup sering bertemu proyektor yang hanya menyediakan koneksi VGA, pastikan Anda memiliki adapter ini dan selalu membawanya saat akan melakukan presentasi.

DisplayPort

mengenal tipe konektor laptop ke proyektor 4 adapter displayport ke vga

Dirancang khusus oleh sebuah lembaga standarisasi elektronik bernama VESA (Video Electronics Standards Association), DisplayPort cukup banyak dipasang pada beragam perangkat yang menyajikan tampilan visual berkualitas tinggi. Beberapa produsen laptop papan atas seperti HP dan Dell mulai mengadopsi DisplayPort sebagai jalur koneksi data visualnya. Namun popularitasnya terbilang lambat berkembang karena keberadaan VGA dan HDMI yang sudah cukup disukai oleh para pengguna secara luas.

mengenal tipe konektor laptop ke proyektor 4 adapter displayport ke vga2

Adapter DisplayPort ke VGA

Jika laptop Anda hanya memiliki tipe koneksi DisplayPort untuk menampilkan data visual, maka Anda memerlukan adapter DisplayPort ke VGA atau DisplayPort ke HDMI.

Mini DisplayPort

mengenal tipe konektor laptop ke proyektor 5 colokan minidisplay macbook

Untuk Anda para pengguna laptop keluaran Apple seperti Macbook, Macbook Air dan Macbook Pro tentunya sudah cukup akrab dengan tipe koneksi Mini DisplayPort. Apple pun menyediakan secara resmi adapternya untuk dapat terhubung ke VGA, DVI atau HDMI.

Tidak hanya Apple yang menyematkan tipe koneksi yang mungil namun powerful ini, produsen lain seperti HP, Toshiba dan Asus juga mengadopsi Mini DisplayPort ke beberapa lini produk mereka. Tipe koneksi Mini DisplayPort cukup populer pada laptop-laptop yang berukuran super tipis.

Seperti tipe koneksi yang terbilang baru lainnya, Anda akan memerlukan adapter agar dapat terhubung ke perangkat lain yang menyediakan tipe koneksi seperti VGA atau HDMI.

mengenal tipe konektor laptop ke proyektor 4 adapter displayport ke vga1

Adpater Mini DisplayPort ke VGA

Bagaimana? Masih bingung dalam menghubungkan laptop ke proyektor karena tipe koneksinya berbeda? Semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan baru untuk Anda. Sampaikan pengalaman Anda terkait tipe koneksi laptop ke proyektor melalui kolom komentar di bawah ini.

, , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply