Info

Manfaatkan QR Code Dalam Presentasi

Pernahkah Anda melihat sebuah gambar yang terdiri dari susunan bentuk kotak hitam putih acak di sudut sebuah iklan produk pada majalah atau poster? Ya itulah yang disebut dengan QR Code. Gambar kode ini jika Anda baca menggunakan aplikasi pembaca QR Code di smartphone, dapat berisi teks, link, kode dan sebagainya.

qrcode

QR Code ini memiliki banyak manfaat untuk beragam, mulai dari untuk promosi, sosialisasi hingga akses keamanan. Dengan potensi QR Code yang cukup besar, maka tentunya dapat Anda manfaatkan juga dalam sebuah presentasi. Untuk apa saja kira-kira pemasangan QR Code dalam presentasi itu?

1. Link ke Web

Jika sebuah slide dalam presentasi Anda menyajikan informasi tentang sebuah web, tentunya para audiens akan penasaran dan ingin membuka web tersebut. Untuk memudahkannya, ketimbang harus mengetik ulang alamat webnya, Anda dapat menempatkan sebuah QR Code yang dapat diakses oleh smartphone milik audiens yang ingin membukanya secara langsung.

2. Informasi Kontak

Pada slide terakhir, para presenter kerap menampilkan informasi kontak tentang diri atau perusahaannya sebagai jalur komunikasi dengan para audiens setelah acara selesai. Di sini QR Code dapat memudahkan orang yang tidak ingin mengetik satu persatu nomer telepon dan alamat e-mailnya. Cukup dengan mengarahkan kamera smartphone ke layar, maka mereka akan langsung mendapatkan informasi kontak yang disediakan.

3. Mengumpulkan Respon Audiens

Anda dapat mengajak audiens untuk memberikan respon atau pendapatnya secara langsung dengan membawa mereka ke halaman form online yang Anda sudah dibuat sebelumnya menggunakan Google Form. Pasang QR Code yang mengandung link halaman Google Form milik Anda, maka para audiens dapat mengisinya secara online dan menyampaikan responnya dengan langsung.

Lalu bagaimana dengan membuat QR Codenya itu sendiri? Tenang membuat QR Code Anda sendiri adalah sebuah perkara mudah, Anda dapat menggunakan layanan online seperti Goqr.me atau Qrstuff.com. Jika Anda tidak ingin tergantung kepada internet, silahkan gunakan aplikasi gratis pembuat QR Code seperti Zint atau Free QR Creator. Simpan gambar QR Code yang dihasilkan, lalu masukkan ke halaman slide presentasi Anda. Mudah kok!

, , , , ,

2 Responses to Manfaatkan QR Code Dalam Presentasi

  1. aguskomik March 5, 2015 at 3:36 pm #

    woow mantab posting ttg qrcode. harus dicoba niih.
    thanks yaa

Leave a Reply