Info

Huruf Yang Bagus Untuk Presentasi

Huruf yang bagus untuk presentasi memiliki makna tersendiri, karena “bagus” di sini tidak sekedar cantik atau menarik. Huruf yang bagus untuk presentasi lebih mengarah kepada tingkat keterbacaannya dan kesesuaian dengan pesan yang sedang disampaikan.

Coba perhatikan jenis huruf yang berikut ini:

huruf-ventography

Jenis huruf di atas tidak bisa dibilang jelek, bentuknya sangat cantik dan menarik. Namun untuk membacanya dibutuhkan usaha lebih, dan orang cenderung lebih berfokus kepada lekukan-lekukan pada tulisannya ketimbang mencerna makna dari tulisan yang disajikan.

Sekarang kita lihat jenis huruf yang berikutnya:

huruf-bebas-neue

Jenis huruf  di atas sepintas terlihat biasa saja, namun tahukah Anda kalau jenis huruf bernama “Bebas Neue” merupakan salah satu huruf yang paling disukai oleh para desainer di dunia? Ya, bentuknya yang sederhana, terlihat jelas namun juga sekaligus elegan. Jenis huruf seperti inilah yang dapat dikatakan bagus untuk presentasi.

Cukup banyak huruf-huruf yang sangat bagus dan cocok untuk digunakan dalam presentasi, bahkan banyak yang secara default sudah tersedia di komputer Anda. Dalam memilih huruf juga Anda perlu menyesuaikan dengan bentuk pesan yang ingin disampaikan, apakah pesan itu bersifat sesuatu yang sederhana, unik, kreatif, elegan atau bercerita tentang kekuatan.

1. Helvetica

font-untuk-presentasi-helvetica

Helvetica cocok Anda gunakan untuk beragam pesan informasi, bentuknya yang sederhana dan netral sangat nyaman untuk dilihat.

2. Futura

font-untuk-presentasi-futura

Futura memiliki bentuk yang elegan namun terbilang masih sangat mudah dibaca. Pilihan variasi bentuknya pun cukup beragam untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Gill Sans

font-untuk-presentasi-gill-sans

Ingin menyampaikan pesan yang tidak terlalu kaku? Gunakan saja jenis huruf Gill Sans. Nuansa kreatif pun cukup terasa pada jenis huruf ini.

4. Rockwell

font-untuk-presentasi-rockwell

Pesan yang tegas dan bersifat penekanan dapat disampaikan dengan menggunakan tampilan huruf Rockwell. Tambahkan dengan ilustrasi foto yang baik, maka slide presentasi Anda akan lebih “menggigit”.

5. Garamond

font-untuk-presentasi-garamond

Jika audiens Anda merupakan kalangan profesional yang cukup berumur, maka biasanya mereka menyukai sesuatu yang elegan dan berkesan “mahal”. Untuk itu, Garamond mewakili kebutuhan ini. Meskipun termasuk huruf berkait (serif), namun tidak sedikit presenter yang menggunakan huruf ini. Pastikan ukuran yang Anda gunakan cukup besar, karena Garamond mulai sulit dibaca saat hurufnya terlalu kecil.

Ingin mencari jenis huruf lainnya yang lebih bervariasi? Coba saja kunjungi situs-situs tempat download font gratis berikut ini:

1. Dafont

2. Font Squirrel

3. Font Space

4. 1001 Free Fonts

5. Fontstruct

6. Urban Fonts

7. Abstract Fonts

8. Fawnt

9. Acid Fonts

10. FFonts

, , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tips & Trik Membuat Slide Presentasi Kelas Dunia | JurnaListrik - December 8, 2015

    […] Kamu bisa mengecek dafont.com untuk melihat font yang bisa diunduh. Bagus tidaknya font, tidak sesederhana yang kamu rasa, coba minta saran kepada yang lebih berpengalaman. Jangan gunakan Comic Sans dalam pembahasan serius/formal. Jangan menggunakan font ala Naruto untuk presentasi skripsi. Kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhanmu, misalkan menggunakan font Bebas Neue, Helvetica, Georgia (dapat membedakan dengan jelas antara huruf “i besar” dengan “L kecil”), dan lain-lain. […]

Leave a Reply