Info

Cara Memenangkan Presentasi Tender Atau Pitching

Presentasi tender atau yang biasa dikenal dengan pitching merupakan salah satu bentuk presentasi penjualan yang memiliki bobot tersendiri. Beban menjadi terasa lebih berat dengan adanya sejumlah pesaing, sekaligus rasa khawatir akan dicurinya ide atas solusi yang kita tawarkan.

cara-memenangkan-presentasi-tender-pitching

Selain bagusnya rancangan presentasi dan kecakapan dalam menyajikan, satu hal yang dapat membuat klien akan tertarik untuk memilih Anda adalah dengan menunjukkan besarnya rasa kepedulian Anda untuk membantu memenuhi kebutuhan klien terkait dengan project tersebut. Sehingga salah satu hal yang harus ditunjukkan saat presentasi tender adalah kepedulian yang tinggi atas klien.

Tingkat Keahlian Anda Saat Itu Bukan Penentu Segalanya

Tidak perlu menjabarkan semua kemampuan teknis Anda dalam menangani project yang ditawarkan, karena jika klien ragu akan kemampuan Anda, mereka tidak akan mengundang Anda untuk melakukan presentasi ini. Cukuplah jelaskan sejumlah kemampuan yang terkait secara jelas atau project yang akan berjalan untuk menunjukkan “kami mampu”, lalu fokuslah kembali untuk menunjukkan bahwa “kami peduli”.

Langsung Bicarakan Tentang Hal-Hal Penting

Jika project yang akan berjalan memiliki sejumlah tantangan dan kebutuhan yang memerlukan solusi, maka sampaikanlah sedetail mungkin rencana-rencana yang akan Anda lakukan untuk menjawab semua itu. Tunjukkan bahwa masalah yang klien miliki adalah masalah Anda juga yang harus ditangani dengan baik dengan menggunakan kemampuan yang Anda miliki.

Tunjukkan Bahwa Anda Memiliki Passion Atas Project Tersebut

Bukan sekedar dengan keahlian dan pengalaman Anda, tapi tunjukkan bahwa Anda melibatkan passion dari dalam diri untuk menangani project ini. Sebagai contoh, jika Anda sedang berencana membantu sebuah perusahaan menyelesaikan project pembangunan sebuah gedung sekolah, tunjukkan lah bahwa Anda juga peduli tentang pendidikan dan menginginkan gedung sekolah tersebut bisa bagus dan para siswa di dalamnya dapat belajar dengan tenang.

Persiapan Presentasi Tender Anda Menunjukkan Tingkat Kepedulian Anda

Rasa peduli Anda terhadap klien dapat dimulai dari persiapan untuk presentasi itu sendiri. Jika memang Anda cukup peduli, maka Anda akan melakukan persiapan yang cukup matang bersama tim, merencanakan waktu penyajian secara efisien, lalu memperbanyak alokasi waktu untuk tanya jawab dengan klien.

Jika Anda ingin menang, tunjukkan bahwa Anda memang peduli.

, , , ,

No comments yet.

Leave a Reply