Info

Besarnya Potensi PDF Untuk Presentasi

PDF atau Portable Document Format merupakan sebuah format dokumen yang dibuat oleh Adobe (pembuat Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, dsb.) dan sudah digunakan sejak lama oleh banyak orang, meskipun mungkin kita sendiri tidak terlalu menyadarinya. Jika kita membeli perangkat pendukung komputer seperti printer, scanner atau hard disk eksternal, di dalam kardusnya kita sering mendapatkan kepingan CD yang berisi aplikasi pendukung dan dokumen petunjuk (manual) berformat PDF. Penggunaan format PDF tersebut bukanlah tanpa alasan, Adobe mengembangkan format dokumen tersebut untuk memastikan tampilan dokumen yang dibuat oleh pihak pembuatnya akan sama persis dengan apa yang dilihat oleh orang lain yang menerimanya. Tanpa harus peduli perbedaan sistem operasi komputer atau jenis perangkat yang digunakan, dokumen PDF tersebut akan tampil sama persis saat dibuka.

pdf-untuk-presentasi

Kecanggihan format PDF tersebut menyimpan sejumlah potensi yang sangat menarik untuk dimanfaatkan dalam presentasi. Apa saja potensi besar PDF untuk presentasi tersebut? Berikut ini beberapa poin yang dapat disimak.

1. Juara di Dunia Format Universal

Jika Anda ingin mengemas sebuah dokumen yang dapat dibuka di semua jenis komputer, tablet atau bahkan smartphone, maka format PDF adalah pilihan terbaik saat ini. Terlebih lagi setelah melihat perkembangan teknologi saat ini yang meluncurkan berbagai jenis perangkat baru yang sangat beragam.

2. Daya Tarik Visual

Adobe sebagai produsen software desain grafis terbesar di dunia menyediakan berbagai pilihan aplikasi dan teknik untuk membuat sebuah dokumen PDF yang memukau. Salah satu aplikasi terbaik untuk membuat dokumen PDF yang menarik adalah Adobe InDesign, dengan aplikasi ini Anda dapat membuat PDF yang berisi gambar, teks, animasi hingga transisi antar halaman yang cantik. Tidak hanya untuk disajikan di hadapan audiens, PDF juga dapat dibuat menjadi interaktif sehingga akan sangat mudah dan menarik untuk ditelusuri oleh setiap orang yang menerima dokumen tersebut. Agar semua fitur PDF dapat dijalankan dengan sempurna, sebaiknya Anda menggunakan PDF reader resmi dari Adobe yaitu Adobe Reader yang dapat didownload gratis di sini:  https://get.adobe.com/reader/

3. Ramah Internet

Tidak hanya dapat ditampilkan secara offline menggunakan aplikasi pembaca PDF, Anda dapat mendistribusikan dokumen PDF secara online dimana orang lain dapat membukanya menggunakan browser di perangkatnya. PDF yang memiliki pilihan optimasi ukuran file yang beragam juga dapat menyimpan dokumen penuh gambar dan teks dalam ukuran kecil, sehingga sangat cocok untuk digunakan secara online.

, , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply