Info

7 Tips Public Speaking Untuk Pemimpin

Anda sudah berada di posisi sebagai seorang pemimpin dengan sejumlah bawahan yang harus Anda arahkan menuju kesuksesan? Lalu, Anda masih merasa tidak maksimal saat berbicara di depan mereka? Tidak begitu diperhatikan dan gagal menyampaikan pesan saat berbicara di depan orang-orang yang Anda pimpin memang sangat mengecewakan. Tapi jangan khawatir, dengan lebih banyak latihan mengikuti 7 tips public speaking untuk pemimpin ini, Anda dapat menjadi pemimpin yang pandai berbicara di depan publik.

tips-public-speaking-untuk-pemimpin

1. Berbicara Sambil Memberi Inspirasi

Di era informasi seperti sekarang ini, wawasan dan pengetahuan antara pemimpin dengan bawahan bisa saja sama. Semuanya bisa mencari informasi dari sumber-sumber yang lengkap dari internet. Namun kebanyakan pemimpin yang hebat memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dari orang biasa, sementara para bawahannya memerlukan pengalaman tersebut dalam bentuk inspirasi. Jika Anda ingin dijadikan panutan oleh para bawahan, berikanlah inspirasi-inspirasi berguna dari pengalaman Anda selama ini.

2. Ceritakan Pengalaman Pribadi Yang Berguna

Ya, sekali lagi, ceritakanlah pengalaman pribadi Anda yang benar-benar memiliki makna bagi banyak orang. Kenapa pengalaman pribadi? Karena disitu Anda dapat lebih menekankan emosi dan detil dari setiap kejadian yang ada di dalamnya. Audiens dapat lebih merasakan suasana yang sama seperti saat Anda berada saat masa yang diceritakan tersebut. Dengan begitu saat audiens bertanya lebih lanjut, Anda dapat menjelaskan secara lebih mudah.

3. Gunakan Lebih Banyak Gambar Daripada Teks

Ini mungkin selalu muncul dari sekian banyak tips yang diberikan di dunia presentasi atau publik speaking. Namun tanpa sadar kita sering tidak memperhatikannya dan tidak menerapkannya saat praktek. Satu halaman slide presentasi dengan satu gambar dan satu buah kata? Kenapa tidak, kalau memang itu sudah cukup menjelaskan apa yang ingin disampaikan.

4. Gunakan Suara Dengan Intonasi Bervariasi

Coba perhatikan film kartun Disney atau Dreamworks yang semakin mempesona itu, jika Anda teliti, pengisi suaranya selalu berbicara dengan intonasi yang sangat bervariasi untuk menekankan kata-kata yang diucapkan. Seperti itulah cara berbicara yang dapat Anda gunakan untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik untuk disimak.

5. Perhatikan Bahasa Tubuh

Cobalah sesekali Anda rekam diri sendiri saat berbicara di depan umum, dan perhatikan bahasa tubuh Anda sendiri. Apakah terlalu heboh seperti seorang jagoan silat, atau terlalu kaku seperti patung manekin di lorong toko baju ITC? Arahkan tubuh Anda secara luwes namun tetap nyaman dilihat saat presentasi.

 6. Berbagi Panggung

Kebanyakan tokoh besar tidak hanya berbicara seorang diri, karena mereka sadar bahwa mereka tidak menguasai semua hal, dan ada orang lain yang lebih tepat untuk membicarakan setiap hal yang tidak dikuasainya. Coba lihat Steve Jobs yang disegani banyak pengusaha teknologi di dunia, dia selalu mengajak para staf ahlinya untuk turut berbicara di depan untuk menjelaskan hal-hal yang lebih mereka kuasai dibanding dirinya.

7. Banyak Berlatih, Lebih Banyak Lagi

Pemain sepakbola kelas dunia seperti Ronaldo dan Messi berlatih berjam-jam setiap harinya. Karena itulah mereka dapat dengan tenang menghasilkan gol di pertandingan-pertandingan besar sekalipun. Jika Anda ingin lebih lancar dalam melakukan public speaking, berlatih adalah cara terbaik untuk mencapai hal tersebut.

Bagaimana dengan pengalaman Anda berbicara sebagai seorang pemimpin? Silahkan share pada kolom komentar di bawah ini.

, , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply