Info

7 Hal Penting Dalam Presentasi Produk

Mempresentasikan sebuah produk sekilas memang terlihat gampang dan sederhana, apalagi jika kita cukup memahami produk tersebut dengan sangat baik. Namun saat melakukannya, banyak hal penting yang kita tidak perhatikan sehingga presentasi produk tidak berjalan optimal. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam sebuah presentasi produk? Berikut ini 7 hal penting dalam presentasi produk:

product-presentation-keynote

1. Cerita

Sebuah presentasi produk dapat dikatakan berhasil jika audiens terus mengingat produk yang dipresentasikan. Untuk menyajikan sebuah presentasi yang “membekas” di ingatan dan hati audiens, Anda akan membutuhkan cerita. Ya, dengan sebuah cerita yang menarik dan berkaitan dengan manfaat serta kekuatan produk yang kita sajikan, maka audiens akan mengingat semuanya untuk waktu yang cukup lama.

2. Ide Utama

Anda harus menentukan ide utama yang ingin Anda garap melalui presentasi yang dilakukan. Fokuslah kepada ide utama tersebut. Jika menurut Anda para audiens harus merasakan manfaat dari produk yang disajikan, maka perbanyaklah informasi dan aktivitas yang memungkinkan audiens untuk menggunakan produk tersebut.

3. Data

Tidak perlu menampilkan data statistik tentang keunggulan produk Anda secara detail dan merinci. Tampilkan 2 atau 3 data sederhana tentang keunggulan produk Anda, dan ceritakan tentang pentingnya data tersebut untuk memancing ketertarikan audiens. Sebagai contoh Anda dapat menggunakan kalimat seperti, “3 dari 5 wanita di perkotaan menggunakan produk kami.”

4. Desain Presentasi

Tampilkan sebuah desain presentasi yang sederhana dan jelas. Tampilkan semua informasi seringan mungkin menggunakan gambar/foto serta teks yang tidak terlalu panjang. Fokuskan semua tampilan yang ada untuk menunjang ide utama dari presentasi produk Anda.

5. Durasi

Sajikan presentasi produk Anda secara ringkas menggunakan tidak lebih dari 10 slide. Waktu 15-20 menit pun sudah cukup untuk menyajikannya. Manfaatkan sisa waktu yang ada untuk melihat respon audiens dalam bentuk demonstrasi produk dan tanya jawab.

6. Menarik & Menyenangkan

Semua cerita dan informasi yang ditampilkan harus Anda sajikan dengan menarik dan menyenangkan. Keluarkan semangat, kreativitas, dan selera humor terbaik yang Anda miliki untuk membangun suasana menjadi menyenangkan. Dengan begitu informasi apapun yang ingin Anda sampaikan akan lebih mudah diterima.

7. Datang Lebih Cepat

Selain informasi, Anda juga mempersiapkan produk yang ingin dipresentasikan. Untuk memastikan semuanya berjalan lancar, datanglah ke lokasi lebih dulu untuk memeriksa semua perlengkapan dan produk yang ingin dipresentasikan.

7 hal penting di atas perlu Anda jadikan perhatian setiap akan melakukan sebuah presentasi produk. Semuanya itu bermanfaat untuk kelancaran presentasi Anda.

, , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply