Info

5 Tren Visual 2017 Untuk Presentasi Anda

Untuk membuat sebuah presentasi yang menarik untuk disimak, ada baiknya kita mengacu kepada tren visual yang sedang populer saat ini. Seperti bidang fashion design yang sangat berfokus kepada aspek tampilannya, dunia desain visual juga memiliki tren yang dapat dilihat perubahannya setiap tahun.

Memanfaatkan Tren Visual untuk Mendesain Presentasi

Tidak harus jago menggambar atau menggunakan aplikasi Photoshop, saat merancang tampilan slide presentasi di Powerpoint Anda dapat memanfaatkan sejumlah tools yang ada untuk mengadopsi tampilan visual yang diinginkan. Apakah itu tambahan elemen teks, efek warna atau simbol-simbol visual sederhana, semuanya itu dapat ditemukan di dalam aplikasi perancang presentasi seperti PowerPoint.

Berikut ini sejumlah tren visual 2017 yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan saat merancang presentasi:

1. Lapisan Yang Menyatu

tren visual 2017 presentasi sukses 1

Oke, kita tidak sedang membicarakan kue lapis surabaya yang lezat itu sekarang. Lapisan di sini merupakan tumpukan sejumlah elemen dalam sajian visual yang terlihat menyatu. Tidak terlihat batas-batas yang begitu tegas antara tumpukan elemen yang ada di dalamnya. Anda dapat meletakkan teks berwarna putih di atas gambar berwarna terang. Jika memerlukan obyek simbol sederhana di atasnya, maka warna yang digunakan perlu dicari warna yang senada dengan gambar di belakangnya. Aspek kontras di sini tetap dijaga, namun dibuat lebih tersamar dan efeknya adalah kesatuan yang sangat terasa di antara elemen-elemen yang ada.

2. Gradasi

tren visual 2017 presentasi sukses 2

Setelah sekian lama kita dibuat bosan dengan gaya flat minimalis belakangan ini, sekarang saatnya gradasi muncul kembali di tren visual saat ini. Namun belajar dari era gradasi yang banyak digunakan secara liar pada tahun 90-an, penggunaan gradasi saat ini disajikan secara sangat hati-hati dan memerlukan kecermatan dalam memilih warna dan juga mempengaruhi tata letak secara keseluruhan.

3. Teks Berukuran Besar

tren visual 2017 presentasi sukses 3

Kesibukan orang yang semakin tinggi di jaman modern membuat para desainer visual terus berlomba menyajikan informasi seefisien mungkin. Jika dulu moto produk sebuah brand dapat berupa sebuah kalimat yang panjang, kini terus semakin pendek. Lihat saja moto brand seperti Apple yang kini hanya terdiri dari dua kata yaitu, “Think Different”. Tidak cukup dari kalimat yang efisien, untuk memudahkan orang dalam membacanya tanpa ragu para desainer akan menggunakan huruf berukuran besar, bahkan bisa lebih besar dari obyek ilustrasi yang mendampinginya. Jika Anda ingin menggunakan teknik ini, pastikan Anda memilih jenis huruf yang sesuai dengan tampilan desian presentasi Anda.

4. Obyek Mini

tren visual 2017 presentasi sukses 4

Jika penggunaan teks berukuran besar menjadi populer dalam tren visual 2017, menyajikan elemen visual dalam ukuran mini pun turut menjadi pilihan yang dapat dilakukan. Logo adalah elemen visual yang kini banyak disajikan dalam ukuran kecil. Menyajikan logo dalam ukuran besar nampaknya kini semakin terasa seperti aib. Icon-icon tambahan seperti ikon social media juga turut menjadi “korban” pengecilan ukuran saat ini.

5. Gabungan Foto dan Ilustrasi

tren visual 2017 presentasi sukses 5

Hanya menggunakan foto untuk visualisasi dalam presentasi? Atau hanya menggunakan ilustrasi seperti clipart saja? Gabungkan saja keduanya! Ya, dengan pemilihan bobot dan warna yang seimbang, gabungan keduanya dapat memaksimalkan informasi yang ingin Anda sampaikan ke audiens.

So, masih menggunakan tampilan yang itu-itu saja dalam presentasi Anda? Coba saja manfaatkan tren visual 2017 kali ini untuk membuat presentasi lebih menarik.

, , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply