Info

5 Gaya Presentasi Yang Menarik Untuk Audiens

Gaya presentasi seseorang sangatlah mempengaruhi keefektifan dari presentasi yang dilakukannya. Faktor tersebut menentukan apakah presentasi terasa menarik untuk audiens atau justru membuatnya terasa biasa saja.

gaya presentasi yang menarik untuk audiens 1

Pentingnya Gaya Presentasi

Jika Anda perhatikan pada sejumlah video rekaman presentasi TED di YouTube, sebagian video banyak sekali yang ditonton dan dishare ke orang lain, tapi sebagian lainnya ada yang sedikit ditonton, padahal semua kontennya sama bagusnya. Di situlah gaya presentasi seseorang berperan untuk membuat presentasi terasa lebih menarik untuk disimak oleh audiens.

Berikut ini 5 gaya presentasi yang dapat membangun sebuah presentasi agar menjadi menarik untuk disaksikan:

1. Selain fokus tentang apa yang di sampaikan, fokus juga dengan cara menyampaikannya

gaya presentasi yang menarik untuk audiens 2

Terkadang kita terlalu fokus dengan materi yang harus kita sampaikan pada sebuah presentasi, dan kurang berimprovisasi dengan ‘cara menyampaikan’ materi itu sendiri agar menarik perhatian. Sesuaikanlah cara berbicara Anda dengan materi yang disampaikan, jika Anda melakukan presentasi tentang kepemimpinan, maka Anda dapat berbicara secara lebih berwibawa, tegas namun tetap berkarisma dengan melempar sejumlah humor-humor cerdas.

2. Lakukan gerakan-gerakan tubuh yang bervariasi dan relevan

gaya presentasi yang menarik untuk audiens 6

Banyak orang cerdas yang membahas materi yang sangat dikuasainya, namun tidak berhasil membuat orang lain tertarik untuk menyimaknya. Salah satu penyebabnya adalah tubuhnya yang kaku saat menyampaikannya. Cobalah untuk rileks dan jangan ragu untuk menggerakkan tubuh Anda (kepala, tangan, pundak, kaki, dsb,) untuk mengekspresikan tentang sesuatu yang Anda sampaikan tersebut.

3. Terlalu terpaku dengan naskah dapat menghancurkan presentasi Anda

gaya presentasi yang menarik untuk audiens 4

Presentasi yang dirancang dengan baik melalui naskah dan alur yang tercatat lengkap memang sangatlah ideal. Namun jangan terpaku secara mutlak dengan apa yang Anda catat. Cukup perhatikan poin-poin yang ingin disampaikan, lalu Anda dapat memilih kata-kata yang sesuai di depan audiens untuk menjelaskan materi yang ada.

4. Senyuman dapat membuat Anda terlihat lebih pintar

gaya presentasi yang menarik untuk audiens 5

Tidak sedikit presenter yang terlalu serius saat melakukan presentasi sampai mereka lupa untuk tersenyum. Tahukah Anda bahwa senyuman dapat membuat seseorang terlihat lebih pintar? Ya, coba saja lihat bagaimana Steve Jobs, Mark Zuckerberg hingga Obama yang menjabat sebagai Presiden AS sekalipun saat berbicara di depan publik. Mereka semua selalu mencoba untuk tetap tersenyum saat tidak sedang berbicara.

5. Anda hanya punya waktu 7 detik

gaya presentasi yang menarik untuk audiens 7

Ya, Anda hanya punya waktu 7 detik di awal presentasi untuk membangun ketertarikan audiens terhadap presentasi Anda. Jika di 7 detik pertama Anda tidak mampu membuat para audiens memperhatikan, maka Anda perlu bekerja lebih keras sepanjang presentasi untuk memastikan para audiens benar-benar menyimaknya.

, , , ,

No comments yet.

Leave a Reply