Info

3 Cara Menutup Presentasi Yang Keren

Cara menutup presentasi memang terkesan sesuatu sederhana dan hanya formalitas saja. Tapi, coba bayangkan Anda baru saja menyelesaikan sebuah presentasi dengan sangat baik dan sangat maksimal, dan Anda hanya menutupnya dengan ucapan terima kasih sambil berlalu begitu saja. Perjuangan Anda sekian menit atau bahkan jam sebelumnya akhirnya hanya memberikan kesan biasa saja kepada para audiens.

cara menutup presentasi yang keren sukses 1

Cara Menutup Presentasi Para Presenter Handal

Coba Anda simak rekaman presentasi para presenter handal seperti Guy Kawasaki atau Steve Jobs di YouTube, bagaimana riuhnya tepuk tangan di akhir presentasi mereka. Lihat lah wajah-wajah yang terpukau itu yang seperti baru saja mendapatkan kesenangan dan kepuasan besar untuk dirinya. Cara menutup presentasi para pakar presentasi begitu beragam dan memberikan kesan mendalam bagi para audiensnya.

Lalu, apa saja cara menutup presentasi yang dapat Anda coba? Berikut ini kami pilihkan 3 cara menutup presentasi yang keren, agar para audiens mendapatkan kesan lebih dan merindukan presentasi Anda berikutnya.

1. Kutipan dan Kata Mutiara

cara menutup presentasi yang keren sukses kata mutiara

Sajikan satu kata mutiara populer atau kutipan dari orang-orang terkenal yang paling mewakili seluruh isi pesan dari presentasi yang Anda sajikan. Pilih yang tidak terlalu panjang, lebih pendek lebih baik. Tuliskan dengan huruf berukuran cukup besar sehingga mudah dibaca oleh audiens di bagian paling belakang sekalipun. Cara menutup presentasi seperti ini berguna untuk memberikan kesimpulan secara mudah agar mudah diingat oleh audiens.

2. Kalimat Ajakan

cara menutup presentasi yang keren sukses kalimat ajakan

Kebanyakan presentasi memiliki tujuan untuk mengarahkan audiens menuju sebuah perubahan dan perbaikan. Hal itu akan tercapai jika para audiens benar-benar melakukan perubahan dan berbaikan tersebut. Untuk itu, menampilkan sebuah kalimat ajakan yang singkat akan mampu menjadi pemicu yang efektif terhadap audiens di hadapan Anda.

Contoh: “Bergabunglah Dengan Kami”, “Mulai Sekarang Juga”, “Lebih Cepat, Lebih Baik”.

3. Cerita Menarik

cara menutup presentasi yang keren sukses cerita menarik

Tidak semua presentasi mudah dicerna, apalagi jika audiens Anda memiliki kemampuan nalar yang beragam. Untuk mempermudah audiens menangkap pesan Anda, coba sajikan sebuah cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan isi presentasi yang disajikan. Cerita ini bisa bersifat sebuah fabel (cerita hewan), cerita lucu, kisah nyata ataupun studi kasus. Manfaat besar dari menyajikan cerita seperti ini adalah audiens akan mendapatkan inspirasi lebih untuk menangkap maksud yang ingin Anda sampaikan.

Ketiga cara menutup presentasi di atas dapat Anda gunakan atau kombinasikan sesuai dengan bentuk presentasi serta audiens yang Anda hadapi. Selamat mencoba, salam presentasi sukses!

, , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply