Info

5 Bentuk Kreasi Menggunakan Powerpoint Selain Presentasi

Microsoft memang sengaja membuat aplikasi Powerpoint untuk digunakan dalam pembuatan slide presentasi. Berbagai fitur terus ditambahkan ke dalamnya agar pengguna dapat membuat media presentasi yang sesuai dengan berbagai macam kebutuhan. Pada dasarnya memang Microsoft tidak merancang manfaat Powerpoint selain presentasi.

Namun dengan berbagai fitur yang dimilikinya tersebut, banyak pengguna yang memanfaatkannya tidak hanya untuk keperluan presentasi saja. Apa saja yang dapat dibuat menggunakan Powerpoint selain presentasi? Berikut ini beberapa bentuk kreasi yang dapat Anda coba.

Video Animasi

kreasi-powerpoint-selain-presentasi

Tahukah Anda bahwa kita dapat mengubah semua konten dan animasi di dalam Powerpoint menjadi video? Secara resmi Microsoft pun menjelaskan kemampuan Powerpoint dalam menghasilkan video pada situs resminya yang dapat dilihat pada link berikut: https://support.office.com/en-us/article/Turn-your-presentation-into-a-video-c140551f-cb37-4818-b5d4-3e30815c3e83. Semua yang ditampilkan pada presentasi (kecuali linked media & Quicktime) akan diekspor menjadi format video yang selanjutnya dapat Anda edit kembali atau langsung burn di DVD atau upload ke YouTube.

Anda dapat mempelajari berbagai teknik membuat video animasi menggunakan Powerpoint melalui sejumlah tutorial yang tersedia di YouTube seperti berikut ini:

Terdapat juga tutorial di Udemy yang secara lengkap membahas tentang pembuatan video animasi menggunakan Powerpoint:

https://www.udemy.com/powerpoint-videos/

https://www.udemy.com/how-to-make-explainer-videos-in-powerpoint/

Modul E-Learning

Jika Anda sudah membuat sejumlah materi presentasi untuk keperluan pembelajaran dalam format Powerpoint dan ingin menggunakannya kembali sebagai materi e-learning secara online, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan aplikasi pendukung seperti Articulate Presenter atau iSpring. Dengan menggunakan aplikasi tambahan tersebut, Anda dapat membuat materi e-elarning tanpa harus membuat ulang menggunakan software penyusun materi (authoring tools) lainnya yang lebih rumit.

Dokumen Profil

Dengan fitur desain dan tata letak (layout) yang cukup lengkap dan mudah untuk digunakan, Powerpoint dapat Anda gunakan untuk menyusun sebuah profil perusahaan (company profile), produk atau media promosi dengan tampilan yang menarik. Setelah Anda membuatnya dalam Powerpoint Anda dapat mendistribusikannya dalam bentuk digital dalam format PDF yang dapat dibuka pada berbagai perangkat mulai dari komputer, tablet, smartphone ataupun secara online.

Sejumlah template untuk membuat desain yang bergaya profile pun tersedia untuk dapat Anda gunakan secara langsung sesuai kebutuhan yang ada. Anda bisa mendapatkannya melalui situs-situs seperti:

http://graphicriver.net

http://slidemodel.com/

http://www.slideteam.net/

Slideshow Foto

Punya koleksi foto yang ingin Anda sajikan secara lebih menarik dengan animasi transisi cantik yang dimiliki Powerpoint? Kenapa tidak? Anda dapat melakukannya dengan mudah dan cepat seperti yang disajikan caranya pada tutorial singkat berikut ini:

Cerita Interaktif

Powerpoint memiliki fitur hyperlink yang dapat Anda gunakan untuk membuat link menuju ke slide tertentu di dalam sebuah presentasi, sehingga Anda dapat membuat sebuah bentuk penyajian yang tidak berurutan sesuai dengan alur yang Anda inginkan. Potensi inilah yang banyak digunakan oleh sejumlah orang untuk membuat sebuah cerita interaktif atau game menggunakan Powerpoint.

Berikut ini tutorial yang cukup menarik untuk diikuti dalam membuat game cerita interaktif menggunakan Powerpoint:

Kreasi Lainnya Yang Menggunakan Powerpoint Selain Presentasi

Ada lagi kreasi lainnya yang pernah Anda buat atau yang Anda lihat menggunakan Powerpoint selain presentasi? Silahkan ceritakan kepada kami melalui komentar di bawah ini.

, , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply