Info

3 Sumber Kegagalan Dalam Presentasi Penjualan

Presentasi penjualan merupakan salah satu bentuk presentasi yang tidak mudah dilakukan dan memiliki tantangan tersendiri untuk mencapai tujuannya. Seorang sales berpengalaman pun selalu melakukan persiapan yang tidak main-main saat akan melakukan sebuah presentasi penjualan. Mereka selalu mengusahakan berbagai cara untuk mencapai keberhasilan melakukan penjualan melalui presentasi. Namun tidak menutup kemungkinan presentasi yang dilakukan gagal dalam mencapai tujuannya.

presentasi-penjualan

Pada prakteknya, ada beberapa hal yang menjadi sumber kegagalan dalam presentasi penjualan. Berikut ini 3 sumber kegagalan saat melakukan presentasi penjualan yang harus diantisipasi:

1.  Tidak Menjelaskan Manfaat Produk Untuk Audiens

Berapa kali Anda menghadiri presentasi penjualan produk atau Anda mendapatkan tawaran dari teman atau orang lain tentang produk yang mereka jual? Menurut Anda bagaimana cara mereka menawarkan? Apakah mereka menarik perhatian Anda, atau membuat Anda ingin sekali membeli produk mereka?

Mungkin jawaban Anda akan beragam tapi satu hal yang pasti bahwa kebanyakan presentasi penjualan tidak menarik dan tidak menantang kita untuk membeli. Saya sering melihat presenter lebih asyik membicarakan fitur-fitur dari produk mereka atau jasa yang mereka jual. Dari pada menyampaikan manfaat nyata tentang produk. Kalau pun mereka menyampaikan manfaatnya itu pun sebatas apa yang tertulis dalam brosur yang mereka bagikan. Padahal kita sebagai calon pembeli datang bukan untuk mendengarkan hal itu, yang kita inginkan sebagai pembeli adalah bagaimana kehidupan saya bisa lebih baik dengan produk mereka.

Ada satu prinsip yang harus kita pahami, semua orang suka mendengar sesuatu yang berkaitan dengan diri mereka sendiri. Hal inilah yang harusnya menjadi pegangan kita dalam melakukan presentasi penjualan.

2. Terlalu Lama Membahas Profil Diri dan Perusahaan

Kesalahan kedua yang juga sering dilakukan oleh presenter dalam presentasi penjualan produk adalah terlalu lama membahas tentang profil perusahaan dan diri mereka. Hal ini biasanya dimaksudkan supaya audiens percaya tentang kredibilitas perusahaan dan presenter sebagai pembicara. Namun ini adalah hal yang salah. Kita tidak perlu menjelaskan profil perusahaan dan diri kita secara luas. Kalau pun kita harus menunjukkan itu lakukan dengan singkat dan hanya pon-poinnya saja. Tetap fokuskan diri Anda terhadap kebutuhan audiens. Ini akan jauh lebih baik untuk presentasi penjualan Anda. Ingat audiens itu peduli dengan diri mereka sendiri, bukan Anda sebagai presenter. Mereka hanya tertarik pada apa yang bisa Anda lakukan untuk mereka bukan apa yang bisa mereka lakukan untuk Anda.

3. Terlalu Terpaku Pada PowerPoint

Presentasi penjualan produk dengan bantuan powerpoint saat ini sudah tidak asing lagi. Namun sayang banyak presenter tidak bisa menggunakannya dengan efektif. Alih-alih mereka menggunakan powerpoint untuk membantu mereka melakukan presentasi, tapi ternyata mereka telah terbunuh oleh powerpoint mereka sendiri. Powerpoint mereka tidak menarik, tidak efektif, yang lebih parah lagi dalam melakukan presentasi mereka membaca powerpoint. Ini jelas sebuah kesalahan besar.

Jika Anda tidak ingin terbunuh oleh powerpoint maka belajarlah untuk membuat slide presentasi powerpoint yang baik dan menarik serta berlatih bagaimana membawakannya dalam presentasi. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari kesalahan fatal ini.

Dengan menghindari 3 hal di atas, Anda akan terhindar dari kegagalan yang dapat terjadi saat melakukan presentasi penjualan. Pastikan Anda cukup mengetahui secara detail atas apa yang Anda jual, manfaatnya untuk audiens dan siapa yang tepat untuk menggunakan produk tersebut.

, , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply