Info

10 Hal Penting Untuk Dilakukan 15 Menit Sebelum Presentasi

15 menit sebelum presentasi merupakan sebuah saat dimana Anda memiliki kesempatan terakhir untuk mengupayakan segala hal agar presentasi berjalan lancar. Namun seorang pakar presentasi bernama Darlene Price menegaskan bahwa sudah terlalu telat untuk mengubah materi presentasi dalam waktu 15 menit menjelang presentasi. Untuk itu Anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk hal-hal penting yang sifatnya mendukung kelancaran presentasi nantinya.

Berikut ini adalah 10 hal penting untuk dilakukan 15 menit sebelum presentasi:

1.  Pergi Ke Toilet

Pergi ke toilet meski Anda tidak benar-benar membutuhkannya merupakan bentuk pengalihan terbaik untuk mengurangi ketegangan dan perasaan grogi. Pergilah ke toilet, tenangkan diri dan cobalah mengingat sejumlah poin penting dari materi presentasi Anda, manfaatkan ketenangan suasana di dalam toilet.

2. Periksa Ruangan Presentasi dan Perangkat Audio-Visual

Seperti pasukan yang akan berperang, Anda akan lebih mudah untuk menang jika mengenali medan dengan cukup baik. Untuk itu, periksalah ruangannya, seberapa luas area tempat Anda berdiri, berapa ukuran layar dan juga seberapa mudah Anda dapat mengecek tampilan layarnya. Selain itu Anda dapat mencoba menjalankan slide presentasi yang akan disajikan nanti, pastikan slide tersebut tampil dengan baik di layar. Coba juga microphone yang disediakan, apakah berfungsi dengan baik dan volumenya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

3. Menyapa Para Audiens

“Mingle” atau dalam bahasa kita lebih dikenal dengan istilah “ramah tamah” dapat Anda lakukan sebelum presentasi. Salami dan sapa para audiens yang datang untuk menunjukkan bahwa Anda merupakan pribadi yang terbuka. Kegiatan ini juga dapat membantu Anda untuk lebih mengenal karakter para audiens secara lebih jelas. Dengan menyapa para audiens, Anda tidak akan merasa seperti melakukan ‘public speaking’ saat presentasi, tapi lebih ke arah ‘personal speaking’.

4. Tarik Napas Secara Dalam dan Teratur

Rasa tegang menjelang presentasi kerap membuat para presenter merasakan ketidaknyamanan dalam tubuhnya. Hal itu diakibatkan oleh nafas pendek yang dilakukan karena rasa tegang tersebut. Cobalah untuk bernapas secara dalam dan teratur untuk mengumpulkan lebih banyak oksigen yang sangat baik untuk tubuh Anda.

5. Melatih Kalimat Pembuka Presentasi

Apapun yang akan Anda lakukan untuk membuka sebuah presentasi, entah itu bercerita atau menyampaikan sebuah data statistik, cobalah untuk melakukannya terlebih dahulu. Simulasi ini akan membantu Anda dalam membentuk rasa yakin atas apa yang akan dilakukan nanti saat membuka presentasi. Dalam hal membuka presentasi, Anda dapat melihat artikel Presentasi Sukses yang berjudul “Cara Super Untuk Membuka Sebuah Presentasi“.

6. Fokus Kepada Pikiran dan Gambaran Positif

Buang prasangka negatif seperti “saya tegang sekali dan merasa tidak siap”, dan ganti dengan semangat positif  seperti “saya ahli dalam materi presentasi ini”, “saya sangat bersemangat dan siap untuk berbagi” atau “saya mampu dan saya nyaman”.

 7. Senyum

Tersenyumlah, karena senyum dapat memberikan efek positif secara fisik maupun batin. Senyum dapat membuat tubuh lebih santai dan dapat memicu hormon endorfin yang dapat menenangkan pikiran dan menghasilkan rasa nyaman. Senyum juga menunjukkan kepada para audiens yang datang bahwa Anda merasa senang untuk berbicara di depan mereka.

8. Minum Air Putih

Bagaimanapun cuaca saat itu, cobalah untuk meminum air putih. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa kering pada mulut dan melegakan tenggorokan. Siapkan juga segelas air putih di meja presentasi Anda nantinya.

9. Lakukan Senam Ringan

Lakukan sedikit ‘stretching’ untuk meregangkan otot-otot seperti dengan berjalan menelusuri lorong ataupun menaiki dan menuruni anak tangga. Menarik lengan ke atas sambil udara segar di luar ruangan juga cukup membantu untuk melepas rasa tegang.

10. Berdiri

Jika Anda merupakan pembicara kesekian dalam sbeuah presentasi, cobalah untuk mengambil posisi berdiri sekitar 5 menit sebelum presentasi. Pergilah ke luar ruangan atau ke belakang panggung. Posisi berdiri dapat membangun semangat dan meningkatkan energi agar Anda dapat lebih siap untuk berpresentasi.

, , ,

No comments yet.

Leave a Reply