Info

10 Cara Untuk Membuat Anda Terlihat Pintar Saat Rapat

Ok, terlihat pintar bukanlah sesuatu yang harus dilakukan setiap waktu dan di setiap tempat. Namun dalam sebuah meeting dimana banyak orang di dalamnya, terlihat pintar merupakan sesuatu yang banyak dicari. Entah itu untuk kepentingan nama baik, peningkatan karir atau mungkin mencoba menarik perhatian si dia yang kebetulan ikut presentasi. Well, hal tersebut sah-sah saja untuk Anda lakukan. Kali ini, Presentasi Sukses akan menjelaskan 10 cara untuk membuat Anda terlihat pintar saat rapat.

terlihat-pintar

1. Menggambar Diagram Venn

Tidak perlu menggambarnya dengan terlalu rapi ataupun dengan data yang akurat. Bermodalkan spidol dan kata-kata singkat, Anda dapat membuat peserta lainnya menganggukkan kepala sambil berpikir keras.

2. Mengubah Presentase Menjadi Angka

Jika ada yang berkata, “Sekitar 25% pengguna menyukai produk ini.”, segeralah ucapkan sebuah angka yang lebih sederhana (meskipun itu sama saja) seperti, “Oh, berarti 1 dari 4 orang ya.”. Peserta rapat lainnya pun akan kagum dengan kemampuan matematika Anda yang kesannya terlihat cepat.

3. Ajak Yang Lainnya Untuk “Mundur Sedikit”

Saat Anda melihat sebuah presentasi membahas terlalu jauh dari intinya, manfaatkan saja keadaan ini dengan mengajak para yang lain untuk mundur. Ucapkan saja, “Ok guys, bagaimana kalau kita mundur sedikit, ayo kita kembali ke akar permasalahannya.”, dan Anda pun akan dijadikan pahlawan dengan kata-kata singkat ini.

4. Catat Poin Penting Di Buku Catatan

Menulis di buku catatan? Kenapa tidak di tablet atau smartphone saja? Yes, menulis dengan ballpoint di atas lembaran kertas lebih memperlihatkan sebuah aktivitas yang sibuk dan menunjukkan bahwa Anda memperhatikan rapat tersebut. Masalah dibaca lagi atau tidak catatan tersebut nantinya, itu urusan belakangan.

5. Ulangi Kata-Kata Terakhir Seseorang Secara Perlahan

Ketika seseorang mengucapkan sebuah kesimpulan yang sangat bagus seperti “Dengan melihat kondisi sekarang ini, maka kini saatnya kita harus memulai promosi melalui media digital.”, manfaatkan saja keadaan tersebut dengan mengucapkan, “Oh jadi, kiitaaa haaarusss memulaaaiii prooomoosiii melaaluuiii meediiiaaa diigiiiitaalll… Oh, Ok.”.

6. Tanyakan, “Apakah Ini Akan Berkembang?”

Celetukan tanpa makna berarti atau ambigu sekalipun kadang membuat para audiens berpikir dan merasa Anda menyimpan sesuatu yang berharga. Para audiens yang cerdas pun semakin tertarik untuk membahasnya, sementara Anda cukup duduk manis mendengarkannya.

7. Berdiri Dari Tempat Duduk, Lalu Berkeliling

Saat presentasi sedang terlibat dalam sebuah diskusi yang seru dan sangat serius, berdiri saja dari tempat duduk Anda lalu pindah ke dekat jendela sambil menopang dagu seakan-akan memikirkan sesuatu. Para audiens lain akan penasaran dengan apa yang Anda pikirkan dan akan Anda ucapkan nantinya.

8. Minta Sang Presenter Mundur ke Sebuah Slide Sebelumnya

Saat presentasi mulai masuk ke sesi diskusi, mintalah sang presenter untuk mundur ke sebuah slide tertentu. Hal itu akan membuat Anda terkesan memperhatikan presentasi tersebut, dan tentunya terlihat pintar!

9. Angkat Telepon Saat Sebuah Rapat Yang Penting

Minta ijin untuk mengangkat telepon di tengah rapat yang penting? Bagi sebagian orang mungkin tidak sopan, tapi bagi sebagian lainnya akan berpikir bahwa Anda memiliki sesuatu yang lebih penting dari rapat sepenting ini. Dan Anda pun akan dianggap sebagai orang penting!

10. Jadikan Diri Anda Bahan Becandaan

Orang suka dengan candaan yang “menjelekkan” diri. Saat Anda berucap, “Ah, saya sih sering tidak naik kelas waktu SD.”, peserta lainnya akan tertawa sekaligus berpikir bahwa mungkin Anda justru sebaliknya, cerdas dan terkenal waktu SD.

Sumber: http://thecooperreview.com/10-tricks-appear-smart-meetings/

Thanks to: Ken Tedjo

, ,

No comments yet.

Leave a Reply